Erna Fatayati
Departemen Ilmu Komputer,
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam , Institut Pertanian Bogor
Department of Family and Consumer
Sciences, College of Human Ecology Bogor Agricultural University IPB
Dosen:
Prof Dr Ir Ujang Sumarwan, MSc
Dr Ir Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr.
Ir. Megawati simanjuntak, MS
Ir. MD Djamaluddin, MSc
Ir. Retnaningsih, MS
Text Book:
Ujang Sumarwan. 2011.
Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Edisi 2 Cetakan 1.
Jakarta: PT Ghalia Indonesia
Catatan Kuliah Pertama
Saya Erna Fatayati mahasiswa Departemen Ilmu Komputer, Fakultas Matematika
dan Ilmu Pengetahuan, Institut Pertanian Bogor.
Pada hari Kamis, 12 September 2014 saya mengikuti kuliah Perilaku Konsumen
sebagai SC. Kuliah ini disampaikan oleh Dosen Ir. MD Djamaluddin, MSc.Saya baru
mengikuti kuliah pertama Perilaku Konsumen ini di minggu kedua karena saya KRS
B.
Kuliah pertamaku hari ini mempelajari tentang Bab 2 dan 3. Bab 2 mempelari
tentang Motivasi dan Kebutuhan sedangkan Bab 3 mempelajari
tentang Kepribadian.
Motivasi muncul karena adanya kebutuhan yang dirasakan oleh
konsumen.Kebutuhan muncul karena konsumen merasakan ketidaknyamanan antara yang
seharusnya dirasakan.Kebutuhan yang dirasakan konsumen itu disebabkan oleh dua
faktor , faktor diri konsumen sendiri dan faktor luar konsumen. Dalam faktor
diri konsumen sendiri itu terdiri dari rasa lapar dan rasa haus , sedangkan
dalan faktor luar konsumen itu aroma makanan dan iklan .Dalam bab 2 ini
juga mempelajari teori kebutuhan maslow yang terdiri dari aktualisasi
diri,kebutuhan ego, kebutuhan sosial, kebutuhan rasa aman, dan kebutuhan
fisiologis.
Sedangkan dalam bab 3 Kepribadian itu mempelajari tentang kepribadian
manusia yang seiap manusia memiliji karakteristik yang unik yang berbeda
satu sama lain.Bab ini juga mempelajari teori kepribadian yang terdiri dari
empat teori yaitu Teori Kepribadian Freud, Teori Freud dan Pemasaran,
Teori Neo-FReud dan Teori Ciri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar